7 Daerah Wisata Di Ciwidey Yang Mempunyai Pemandangan Memikat

7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat - Ciwidey yaitu nama sebuah kecamatan yang letaknya berada bersahabat dengan Bandung. Ada kisah unik mengenai asal undangan nama Ciwidey. Konon, nama ini berasal dari bahasa Portugis Kuno, yaitu ciwi yang berarti ‘kiwi’ dan dey yaitu ‘hari’. Ada juga yang menyampaikan bahwa Ciwidey berasal dari bahasa Yunani Kuno, ciwow yang bermakna ‘sapi’ dan dos yang berarti ‘lima’.

‘Sapi lima’ ini dipercaya bekerjasama dengan kisah tempat lahirnya sapi berkepala lima. Sapi tersebut berada di Rumah Lembah Sapi milik Raden Batubara. Namun, masih belum diketahui secara niscaya asal undangan nama Ciwidey apakah ada hubungannya dengan mitos tersebut atau tidak.

Bagaimana pun tempat wisata di Ciwidey bukan sekedar mitos. Paling tidak ada 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau mengunjungi kawasan ini. Apa saja tempat wisata tersebut sanggup disimak melalui ulasan berikut.

1. Situ Patenggang
 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
 Situ Patenggang
Salah satu tempat wisata alam di Ciwidey yang mempunyai pemandangan asri yaitu Situ Patenggang. Situ yang berarti danau ini berada 47 km dari kota Bandung. Tepatnya berada di selatan kota Bandung. Tempat ini menyajikan pemandangan alam berupa danau yang indah dengan suasana tenang.
Pengunjung sanggup menyewa bahtera untuk menikmati keindahan danau dengan biaya sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000, tergantung kapasitas perahu.

Berwisata ke tempat ini memang cocok kalau beramai-ramai atau rombongan dengan keluarga atau teman-teman. Memang tempat wisata di Ciwidey ini menjadi favorit wisata rombongan keluarga, lantaran harga sewa bahtera sanggup lebih murah dengan hitungan perorang. Tiket masuk yang harus dibayar pengunjung yaitu Rp15.000. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan bus dikenai biaya Rp22.000, dan Rp11.000 untuk kendaraan beroda empat dan minibus.

2. Kawah Putih Ciwidey

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Kawah Putih Ciwidey Bandung
Ciwidey sudah populer dengan objek wisata kawah putih, terutama semenjak seringnya tempat ini menjadi latar pembuatan film nasional. Jarak yang harus ditempuh dari kota Bandung menuju Kawah Putih Ciwidey sekitar 44 km. Kawah ini berada di desa Rancabali.

Pemandangan yang ditawarkan tempat wisata di Ciwidey ini sangat indah dengan air danau berwarna putih kehijauan yang berada sempurna di tengah kawah. Keindahan danau semakin elok dengan kombinasi batuan kapur. Pasir yang ada di kawah ini juga berwarna putih, maka kawah ini disebut kawah putih.

Menurut mitos, Kawah Putih yaitu tempat berkumpulnya roh leluhur. Bahkan, salah satu puncak kawah dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur. Menurut penduduk setempat, terkadang tampak domba-domba berbulu putih melintasi kawah. Diyakini masyarakat bahwa domba berbulu putih tersebut yaitu jelmaan arwah leluhur.

Jika ingin memasuki tempat wisata ini cukup sediakan uang Rp15.000 untuk tiket masuk. Tarif parkir roda empat juga dikenakan Rp15.000.

3. Kebun Teh Rancabali

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Kebun Teh Rancabali
Apabila menginginkan wisata yang juga berisi pengetahuan tempat ini yaitu pilihan tepat. Kebun teh Rancabali tidak hanya menunjukkan keindahan pemandangan hijaunya kebun teh, tapi juga menunjukkan pengetahuan mengenai cara berkebun teh. Dengan membayar biaya pemandu wisata sebesar Rp30.000, pengunjung akan diajak melihat cara pembibitan, menanam, memelihara, memetik, dan memangkas pohon teh dengan benar.

Tempat wisata di Ciwidey ini cocok untuk berwisata membawa anak-anak. Apalagi lokasinya berada tidak jauh dari Bandung dan mempunyai terusan jalan yang bagus dan gampang ditempuh. Untuk masuk ke kebun teh Rancabali pengunjung harus membayar karcis Rp5.000 saja.

4. Wisata Kebun Strawberry

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Wisata Kebun Strawberry
Buah stroberi bukan lagi buah impor yang hanya ada di supermarket. Saat ini di beberapa tempat di Indonesia sudah sanggup menanam dan memproduksi stroberi, termasuk di Ciwidey. Di sini pengunjung tidak hanya melihat jajaran tanaman stroberi tapi juga diajak untuk memetik buah stroberi sendiri. Bahkan, Anda sanggup eksklusif menyantap stroberi yang gres dipetik dari dahan langsung.

Pengunjung sanggup mencicipi kesejukan udara di kebun yang berada di Alam Endah. Menikmati pemandangan hamparan pohon stroberi dan mencicipi pengalaman memanen eksklusif buah stroberi tentu sangat menarik bagi anak-anak. Anda juga sanggup mengajak belum dewasa untuk melihat cara menanam buah stroberi. Itu sebabnya, kebun stroberi Ciwidey menjadi favorit para ibu yang membawa anaknya untuk berguru sambil berwisata.

5. Pemandian Cimanggu

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Pemandian Cimanggu Ciwidey
Apakah Anda ingin mencicipi kesejukan mandi di air hangat? Pemandian Cimanggu sanggup menjadi pilihan tepat. Tempat wisata di Ciwidey ini menyediakan sebuah bak pemandian air panas yang sanggup dipakai untuk berendam. Letaknya berada 45 km dari kota Bandung. Anda sanggup mengambil jalur Ciwidey – Pengalengan untuk menuju lokasi pemandian.

Pemandian air panas Cimanggu mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan hamparan kebun teh yang berada di sekelilingnya. Kolam pemandian Cimanggu berada di ketinggian 1.100 dpl, itu sebabnya tempat ini udaranya sangat sejuk. Sambil berendam, Anda sanggup menikmati jajaran kebun teh yang menghijau luas di hadapan. Sangat cocok untuk tempat santai serta merelaksasi pikiran dan tubuh yang penat lantaran pekerjaan.

Harga tiket masuk ke bak cukup murah, hanya Rp5.500 belum termasuk parkir. Jika berniat menginap di tempat ini tersedia penginapan dengan aneka macam ukuran, mulai dari harga Rp250.000 hingga Rp550.000 semalam.

6. Pemandian Walini

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Pemandian Walini
Ini yaitu salah satu dari pemandian yang ada di kawasan Ciwidey selain pemandian Cimanggu. Pemandian air panas ini tidak hanya menunjukkan sumber air hangat dari alam tapi juga wahana rekreasi air bagi anak-anak. Kolam yang sudah dibentuk secara permanen dihiasi dengan permainan anak perosotan, Juga terdapat kursi-kursi untuk menunggu belum dewasa berenang di pinggir kolam. Memang bak pemandian Walini sangat ramai dikunjungi pada hari libur.

Lokasi pemandian Walini berada tidak jauh dari Situ Patenggang. Makara kalau berkunjung ke situ, pulangnya sanggup mampir ke bak pemandian air panas Walini. Di sini pengunjung juga sanggup menikmati sejuknya pemandangan kebun teh Walini dan bukit-bukit hijau yang melatarinya.

7. Bumi Kemah Ranca Upas

 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat 7 Tempat Wisata di Ciwidey yang Memiliki Pemandangan Memikat
Bumi Kemah Ranca Upas
Bumi kemah Ranca Upas berada tidak jauh dari Kawah Putih. Tepatnya berada di desa Alam Endah. Untuk menuju ke tempat wisata di Ciwidey ini, Anda harus menempuh jarak 56 km dari kota Bandung.

Pemandangan yang disuguhkan tempat ini yaitu hamparan rumput hijau yang luas dengan pohon-pohon tinggi yang tumbuh diantaranya. Bumi perkemahan ini sangat luas untuk mendirikan tenda. Cocok dijadikan tempat wisata bersama rombongan teman-teman atau program kantor.

Dengan membayar uang masuk sebesar Rp10.000, Anda sanggup menikmati pemandangan di Ranca Upas. Anda sanggup mendirikan tenda di tempat ini dan mencicipi hidup di alam. Jika tidak membawa peralatan tenda, pengelola menyediakan tenda yang sanggup disewa.

Meskipun bumi perkemahan ini tempat orang camping dan mencicipi hidup di alam, namun banyak tersedia warung makan dengan sajian lezat. Fasilitas kamar mandi umum dan tempat persewaan peralatan kemah juga tersedia lengkap. Selain itu Anda juga berkesempatan melihat kawanan rusa yang berkemah di tempat ini. Sangat menarik bukan? Untuk informasi mengenai destinasi wisata menarik di Bandung anda sanggup membaca di tautan ini Tempat Wisata di Bandung.

Tag : Jawa Barat
0 Komentar untuk "7 Daerah Wisata Di Ciwidey Yang Mempunyai Pemandangan Memikat"

Back To Top