7 Objek Wisata Menarik Di Daerah Wisata Baturaden Banyumas

7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas - Objek Wisata Baturaden berada di kepingan selatan Gunung Slamet dengan udara yang sangat sejuk. Cuaca di daerah wisata ini semakin malam akan semakin bertambah dingin. Tak hanya memiliki panorama alam anggun saja, tetapi Baturaden juga sangat lekat dengan legenda rakyat mirip legenda Lutung Kasarung. Baturaden sendiri berada di kepingan utara Purwokerto, lebih tepatnya di kepingan selatan lereng Gunung Slamet. Dikarenakan letaknya inilah, menciptakan daerah ini memiliki udara yang begitu sejuk.

Selain itu, tempat di Baturaden juga termasuk daerah terkenal yang banyak digemari khususnya bagi para wisatawan lokal. Apalagi ketika hari libur tiba, akan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata ini. Sehingga pihak pemerintah setempat pun membangun fasilitas penginapan, mirip villa dan hotel yang banyak di bangkit di daerah ini. Baturaden sendiri sanggup ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Kawasan wisata ini dari sentra kota Purwokerto hanya memakan jarak hingga 15 km saja dan sanggup ditempuh selama 15 menit.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, para wisatawan sanggup menggunakan angkutan kota yang ada di terminal kota Purwokerto kemudian turun lagi di terminal Baturaden. Anda juga sanggup menggunakan taksi semoga lebih praktis, namun tentunya tarif menggunakan taksi lebih mahal dibandingkan menggunakan angkot. Kawasan wisata di Baturaden ini merupakan simbol keindahan yang eksotis dan terpancar eksklusif dari Gunung Slamet. Tempat wisata di Baturaden ini menawawrkan susukan yang sangat mudah, di sana juga terdapat banyak hotel maupun tempat penginapan lainnya untuk mengakomodasi para wisatawan.

Ada beberapa objek wisata menarik di Baturaden Banyumas sekaligus terkenal bagi para wisatawan yang sanggup Anda kunjungi, sebagai berikut :

1. Bioskop Unik Teater Alam Baturaden


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
Teater Alam Baturaden
Kawasan wisata yang sangat menarik di Baturaden di urutan pertama yaitu Teater Alam Baturaden. Di sini, Anda sanggup menikmati pengalaman menarik dengan gaya menonton yang berbeda. Hal ini dikarenakan teater yang ditawarkan di daerah wisata ini berbentuk pesawat. Adapun bentuk pesawat ini ibarat jenis pesawat Foxer 28 yang dimiliki maskapai penerbangan garuda Indonesia.

Pesawat ini berdiri sempurna di kepingan atas tanah dengan luas sekitar 600 meter, yang mana pesawat jenis Foxer ini berlokasi di pintu masuk samping Baturaden. Namun di teater ini, Anda tak sanggup menyaksikan tayangan film layar lebar layaknya bioskop di mall-mall kota besar melainkan tontonan yang menceritakan wacana kekayaan budaya dan sumber daya alam di Indonesia. Misalnya saja berupa tayangan wacana dongeng budaya Taman Mini Indonesia Indah, kejadian meletusnya Gunung Merapi, peristiwa tsunami dan lain sebagainya. Sementara, durasi film yang ditayangkan di Teater Alam Baturaden ini berlangsung antara 10-15 menit saja. Jadi, sangat cocok sebagai daerah wisata edukasi bagi anak-anak. Tempat ini juga sanggup dijadikan sebagai tempat untuk studytour.

2. Wisata Keluarga dan Edukasi di Kaloka Widya Mandala Banyumas


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
Kebun Raya Baturaden
Jika Anda ingin menikmati objek wisata edukasi lainnya di Baturaden, Kaloka Widya Mandala inilah tempatnya. Tempat wisata Baturaden ini merupakan sebuah kebun binatang yang memperlihatkan beraneka ragam spesies binatang dari luar maupun dalam negeri. Ada banyak spesies binatang yang sanggup Anda temukan di kebun binatang ini, mirip ayam mutiara, kelelawar, landak, kambing kaki tiga, ayam kate, beruk, sapi kaki lima, cendrawasih, elang, orang utan, rusa, buaya, kaswari, ular, monyet, gajah dan masih banyak lagi aneka satwa yang langka di taman ini.

3. Wisata Budaya Grebeg Syura di Baturaden


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
Suasana Grebeg Syura
Baturaden juga menyajikan daerah wisata budaya yang begitu menarik, yaitu Grebeg Syura. Anda sanggup tiba ketika bulan pertama di tahun Islam untuk berkunjung ke Baturaden. Nah, di sinilah Anda sanggup menyaksikan sebuah program Grebeg Syura sebagai tradisi dari masyarakat setempat. Di program ini Anda akan menyaksikan tarian tradisional Lenger, kuda lumping, musik calung hingga acara untuk mengunjungi aneka macam macam situs suci.

4. Wisata Alam Wana Wisata Baturaden


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
Wisata Alam Wana Wisata Baturaden
Di Wana Wisata Baturaden ini, Anda  bisa menemukan lokasi yang sempurna untuk perkemahan. Anda sanggup mendirikan sebuah tenda di tempat wisata ini jikalau ingin bermalam di daerah wisata ini. Apa yang ditawarkan di daerah wisata ini? Wana Wisata Baturaden menyajikan pemandangan hutan alam yang masih hijau dan asri sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah, baik bersama para sahabat maupun keluarga. Darigerbang masuk daerah wisata Baturaden ini, hanya menempuh jarak 2 km saja menuju Wana Wisata Baturaden.

5. Wisata Air Terjun Curug Gede atau Curug Bayan


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
tantodanardwi.blogspot.co.id
Di lokawisata ini, Anda sanggup menikmati keelokan riam yang begitu menawan kolam lukisan sebuah maha karya yakni di Air Terjun Curug Gede. Lokasi Curug Gede ini hanya berjarak 3 km saja dari tempat wisata di Baturaden, dan terletak di desa Ketenger. Anda juga sanggup menyaksikan lempengan watu yang membingkai keindahan riam di Purwokerto ini.

6. Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Ingin mencoba pemandian air panas di daerah Baturaden? Anda sanggup berkunjung ke daerah wisata Pancuran PItu untuk menikmati sensasi mandi air panas dengan temperatur air sekitar 60-70 oC. Selain menikmati pemandian di tempat wisata ini, Anda juga sanggup menyaksikan keindahan panorama alam yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu saja, pasalnya dengan mandi di tempat pemandian air panas Baturaden ini maka air tersebut berguna untuk menyembuhkan aneka macam macam penyakit. Anda sanggup berkunjung ke Pancuran Telu di tempat wisata Baturaden untuk terapi penyembuhan. Pancuran pitu ini berada di kepingan bukit gunung Slamet, hanya berjarak 5 km saja dari jalan pertigaan daerah Baturaden. Anda sanggup menikmati jalanan dengan tikungan tajam dan berkelok menuju Pancuran Pitu, sehingga mengakibatkan daerah ini sulit didaki menggunakan kendaraan biasa. Perjalanan mulai dari tiket masuk yang dilalui wisatawan akan melewati panorama alam yang begitu eksotis yang masih alami.

7. Telaga Sunyi


 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
fadeyjevera.blogspot.co.id
Kawasan wisata Telaga Sunyi berada di sentra objek wisata Baturaden. Objek wisata ini menyajikan mata air jernih yang begitu menyejukkan. Karena air yang ada di Telaga Sunyi ini sangat dingin. Seperti namanya, tempat wisata Telaga Sunyi ini merupakan sungai yang tampak sunyi dan hening. Suasana alam di sekitar objek wisata ini sangat alami da menyejukkan. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk refreshing ataupun melepas penat lantaran rutinitas harian yang begitu membosankan. Dari tempat wisata Baturaden menuju objek wisata ini hanya berjarak 3 km saja ke arah timur. Anda pun cukup memakan waktu kurang lebih 15 menit saja dari daerah wisata Baturaden. Akses perjalanan ke Telaga Sunyi sangatlah gampang lantaran Anda sanggup menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Agar hingga ke tempat ini, dari lokasi parkir kendaraan Anda mesti berjalan kaki danmelalui jalanan setapak, kemudian menyaksikan sungai kecil yang jernih hingga risikonya tiba di Telaga Sunyi. Baca juga Tempat Wisata di Purwokerto.
Tag : Jawa Tengah
0 Komentar untuk "7 Objek Wisata Menarik Di Daerah Wisata Baturaden Banyumas"

Back To Top